TENTANG BINATANG PADA MANUSIA

Meskipun Allah ciptakan manusia adalah umat terakhir yang paling sempurna, namun pada dasarnya binatang diciptakan  lebih dahulu daripada manusia, oleh karenanya ada beberapa sifat binatang yang diwarisi oleh manusia.

Sebagai contoh kita runut dari urutan nama binatang yang melekat pada manusia seperti:

AYAM: Ayam adalah unggas yang paling banyak dipelihara dan dikonsumsi oleh manusia, selain harganya terjangkau oleh kalangan bawah, juga daging dan telurnya lezat dan bergizi. Ada beberapa jenis ayam yang dipelihara seperti ayam kampung dan ayam broiler, namun dipasaran lebih banyak kita temukan ayam broiler, selain cepat besar, harganyapun relative murah. Berbicara tentang ayam asli dan “ayam bohongan” pada manusia, seperti: Ayam kampung: sinonim dari peliharaan atau cewek jajanan yang berasal dari kampung atau daerah setempat. Ayam Bangkok: indentik dengan cewek yang posturnya tinggi besar dan dapat di’beli’ atau dibooking setiap saat. Ayam Kampus: yang ini berkeliaran diareal kampus, biasanya dipelihara oleh om-om berduit (om senang). Ayam kate: sesuai namanya jenis ini kebalikan dari ayam bangkok, berpostur mini (dibawah 155 cm), namun banyak diminati. dan banyak lagi jenis ayam-ayam peliharaan.

ANJING: Adalah hewan buas yang dipelihara oleh manusia, karena sifatnya yang setia pada majikan, tidak perduli siapapun majikannya dia pasti dukung dan jaga bahkan hingga nyawapun meregang, sehingga disenangi oleh berbagai lapisan masyarakat dari kasta paling bawah hingga level boss besar. Berbagai type dan jenis anjing ada di negeri kita, mulai dari anjing import seperti Doberman, hingga anjing kampung atau kirik ada disekitar kita. Pada jenis ini termasuk SERIGALA, yang tidak dipelihara manusia dan hidup dihutan.

Berbicara tentang anjing, ternyata manusiapun mempunyai sifat yang sama, maka ada peribahasa tentang anjing ini seperti: Anjing si A: adalah bodyguard atau penjaga peliharaan si A, bisa juga dikategorikan didalamnya kemanan. Dasar Anjing: jenis makian kepada seseorang karena ketidak senangan. Sedangkan kata ungkapan serigala pada manusia seperti pepatah : Homo homini lupus yang berarti manusia adalah serigala bagi manusia lainnya, karena sifatnya mau memakan apapun yang ada dihapadannya, jika perlu sesama jenispun  dia embat juga

BEBEK: Adalah unggas lain yang disenangi untuk dipelihara, bebek ini selalu patuh pada tuannya dan jika jalan beriringan, tidak ada yang berani menyalip, sifat ini perlu dicontoh oleh anakmuda, maupun orang tua dalam berkendaraan atau antri. nah pada manusia bebek berarti: koor ikutan, seperti kata ” Dasar Bebek” adalah ungkapan pada sekelompok orang yang hanya manut atas perintah atasan, meskipun itu salah, seperti yang ditunjukan oleh Anggota Dewan dijaman dulu (sekarang masih nggak ya?).

BABI: Nach binatang peliharaan yang satu ini sangat digandrungi oleh rekan kita yang berada di Bali dan Indonesia Timur, atau WNI keturunan atau non muslim pada umumnya. Dalam perkembang biakannya binatang ini cepat berkembang karena beranak lebih dari empat dalam sekali kandungan, menurut mereka dagingnya sangat lezat untuk konsumsi (orang islam binatang ini adalah salah satu yang dilarang baik dipelihara maupun dikonsumsi). Namun sayang binatang ini suka hidup yang dilingkungan kotor, lembab dan makannya sangat rakus. Berdasarkan sifatnya: BABI berarti ungkapan bagi orang yang makannya rakus apa saja diembat tidak perduli milik orang lain, selain itu tubuhnya tambun/gemuk. Jenis ini banyak beredar dikalangan pengusaha dan penguasa dinegeri ini.

BUAYA dan BIAWAK: Jenis reptil melata ini termasuk reptil buas, namun punya kejelekan pada pejantannya yang suka meninggalkan pasangan atau suka coba-coba dengan sibetina yang lain. Buaya gemar kawin, maka tangkur (alat kelamin jantan) buaya sangat dicari oleh manusia dan menurut mitos dapat meningkatkan stamina dalam berhubugan badan. Buaya pada manusia indentik dengan sifat pejantan tersebut, misalnya: sering gonta-ganti pasangan, main coba (test drive) pacarnya lalu ditinggal begitu saja kalau sudah puas, maka  ungkapan tentang orang seperit ini disebut “Buaya Darat”, atau Dasar Buaya, Biawak luh dan lain-lain.

CACING: Binatang melata ini tidak termasuk reptil, dia sangat dibutuhkan para petani untuk penyuburan tanah secara alami, namun sering diburu untuk dikonsumsi sebagai obat penyakit asma maupun obat malaria, penurun panas dll. tubuhnya kecil dan panjang, sehingga sangat menggelikan . Cacing adalah ungkapan bagi seseorang yang mempunyai postur tubuh yang sangat kurus atau krempeng. Cacingan: ungkapan bagi orang yang tubuhnya selain kurus juga perutnya buncit (mungkin berisi cacing kremi atau cacing gelang).

CECAK: Binatang melata yang hidup dilingkungan rumah, dan makannya nyamuk ini, banyak dijumpai pada manusia, Manusia Cecak: hidup merayap bak cecak, bisa manjat dinding rumah, Cicak juga berarti orang yang selalu berisik tanpa waktu. kata lain adalah Tokek.

GAJAH: adalah binatang yang sangat besar tubuhnya dan hidup dihutan-hutan dan berkelompok, gajah tidak pernah mengganggu dan hanya makan rumput. Ungkapan pada kata Gajah pada manusia karena tubuhnya yang tinggi besar, tetapi sangat dungu.

GURITA: binatang laut jenis cumi ini cukup besar ukurannya dan berkaki banyak (Octapoda), ungkapan Gurita pada manusia atau kelompok adalah karena mempunyai usaha dengan cabang sangat banyak membentuk kaki Gurita, dan seringkali mencaplok pengusaha kecil lainnya.

HARIMAU: jenis binatang buas yang perkasa ini hidup dihutan Kalimantan (Indonesia), Benggala (India) maupun di pedalaman Afrika, konon binatang ini mempunyai harisma tinggi atau puyuh bayu yang bisa menggetarkan kawan maupun lawan, sehingga kuku, kulit maupun kumisnyapun diburu manusia untuk dijadikan jimat. Ungkapan kata Harimau bagi manusia adalah pada orang yang mempunyai harisma tinggi, sehingga disegani kawan maupun lawan, namun punya sifat jelek yang bisa memakan lawannya, siapapun yang dihadapinya.

KERBAU: Binatang ternak yang dahulu ini sangat dibutuhkan petani untuk membajak sawah (dipedesaan), namun sekarang jarang ditemukan karena tergusur teknologi mesin bajak, tubuhnya yang tinggi besar dan kuat namun sangat dungu ini sangat menurut dan tipe pekerja keras. Manusia dengan sifat seperti ini dia pekerja keras namun berpenghasilan pas-pasan, juga ungkapan lainnya “Seperti kerbau dicucuk hidungnya” sangat penurut disuruh apapun dengan imbalan yang sangat sedikit, atau ungkapan “Sidungu” dll.

KURA-KURA: Adalah jenis reptil melata yang mempunyai cangkang keras ini, identik dengan penyu dilaut, kura-kura hidup dihutan (ada juga yang dipelihara seperti bulus dll). Binatang ini berjalan sangat lambat namun berumur sangat panjang bisa lebih dari seratus tahun !. Ungkapan “Seperti Kura-kura” bagi orang yang berjalan atau bergerak sangat lambat, atau malas, karena punya pedoman biar lambat asal selamat ini ditujukan bagi orang-orang yang tidak punya tujuan hidup. ” Kura-kura dalam perahu” – pura-pura tidak tahu, dll.

LINTAH: Binatang yang makan darah ini, hidup di rawa-rawa dan ada juga yang hidup dipohon, semak-semak atau rumput dengan nama lain yaitu Pacet. Ungkapan dengan kata ” Lintah Darat” ditujukan bagi manusia yang suka merente, menghisap dan memeras orang lain dengan ribanya.

MACAN: ini adalah kata lain dari Harimau, namun punya arti berbeda; macan berarti Manis dan Cantik, ungkapan bagi perempuan yang sangat ideal misalnya: Wih Macan nih…atau naik mobil Macan untuk ungkapan mobil mewah seperti Mercy Tiger, Honda Tiger dll. Jenis -jenis macan seperti Macan Tutul: jenis macan yang punya tubuh berbentuk noktah hitam (tutul), orang jenis ini punya harisma namun berkepribadian tidak menentu (ada hitam dan putihnya), Macan Kumbang: bertubuh hitam legam, suka mencuri ternak dan hidup diatas pohon atau atas gunung, Manusia jenis ini biasa punya karisma dikalangannya (perampok, bromocorah, tukang bunuh dll, dan bisa menghilangkan diri dengan cepat, bereaksi ditengah malam). Macan Belang: jenis macan Indonesia ini, banyak dijumpai di Sumatra, orang yang memujanya kadang kala menjadi macan jadi-jadian untuk membunuh musuhnya (berseteru dengan jin), jadi hidup didua alam yaitu alam manusia – pada saat berujud manusia dan alam jin -pada saat berubah menjadi macan.

NYAMUK: Jenis serangga penghisap darah ini dijumpai dimanapun di negara tropis dengan suara yang khas berdengung,  itu sebabnya asal mula kata masjid bagi orang Inggris disebut Mosque dari kata Mosquito yang berarti nyamuk, karena dari Mesjid sering keluar panggilan azan atau pembacaan ayat- ayat suci yang terdengar bagi mereka seperti dengungan. Ungkapan lain adalah “Nyamuk Press” bagi pemburu berita yang suka berisik mengejar berita bahkan kadang-kadang dengan cara tidak sopan, seperti nyamuk yang menyedot darah kita tanpa permisi….

Nach rekan-rekan ada saran untuk update ini?, saya tunggu.

About endangsuardi

IAM MALE, MATURE, 49'S YEARS OLD, ACCOUNTANT, LIVE IN DEPOK, WEST JAVA, CONTACT: HOME: 61-251-869725; MOBILE: 8170006564, EMAIL: ENDANG_SUARDI@YAHOO.COM. OCCUPATION: BRANCH MANAGER OF FINANCE AND ACCOUNTING SECTION, CONTRACT BASE JULY 2010. NEED THE JOB AND CARIER FOR THE FUTURE
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s